Belajar Bahasa Indonesia Lanjut 2

Belajar Bahasa Indonesia
Lanjut 2

Pada pembelajaran bahasa Indonesia lanjut 2 , kita akan belajar pada kalimat tunggal menggunakan frasa .Kalimat tunggal dapat dikembangkan menggunakan frasa. Frasa pada kalimat tunggal memiliki fungsi yang sama pada kata induk ydilekatinya.Frasa hanya terdapat pada kalimat tunggal.Kalimat tunggal sederhana dapat dikembangka lagi dalam bentuk yang panjang tanpa mengubah fungsi dan jabatan masing-masing bagian kalimat.
ang
Frasa
Frasa adalah kelompok kata yang memiliki satu fungsi pada kalimat tunggal. kalimat tunggal terdiri dari rangkaian kata dan masing-masing kata pada kalimat itu memiliki satu fungsi.Kata sebagai satuan terkecil pada kalimat. Sementara itu frasa adalah gabungan dari dua kata atau lebih yang memiliki satu fungsi. Fungsi yang dimaksud dapat berupa frasa subjek adalah frasa yang berfungsi sebagai subjek, frasa predikat adalah frasa yang berfungsi sebagai predikat, dan frasa objek adalah frasa yang berfungsi sebagai objek,serta frasa keterangan adalah frasa yang berfungsi sebagai keterangan.
Frasa subjek
Frasa subjek adalah gabungan dari dua kata atau lebih yang memiliki fungsi sebagai subjek dalam kalimat.
Contoh:
1. Gadis manis meminjam bola.(Gadis manis memiliki funsi sebagai subjek)
2. Seorang nelayan miskin menangkap ikan. (Seorang nelayan kecil memiliki fungsi sebagai subjek)
3. Seekor sapi betina memakan kertas. (Seekor sapi betina memiliki fungsi sebagai subjek)
Frasa predikat
Frasa predikat adalah gabungan dari dua kata atau lebih yang memiliki fungsi sebagai  predikat.Posisi Frasa predikat dalam kalimat tunggal terletak setelah frasa subjek .
Frasa predikat dapat berupa kata kerja yang diikuti kata penyerta (adverbia). kata pendamping kata kerja antara lain; sedang, akan, baru saja , telah dan sebagainya.
Contoh:
1. Ami akan menanam bunga. (akan menanam memiliki fungsi sebagai predikat)
2. Retno baru saja membersihkan meja (baru saja membersihkan memiliki fungsi sebagai predikat)
Frasa objek
Frasa pada objek sama seperti frasa pada subjek hanya objek dapat ditentukan jika predikat pada kalimat tunggal tersebut berupa kata kerja aktif transitif.
Contoh:
1.  Amini menanam bunga adenium. (bunga adenium memiliki fungsi sebagai objek)
2. Retmono membersihkan meja warna merah. (meja warna merah berfungsi sebagai objek)
Frasa keterangan
Frasa keterangan letaknya sama seperti kata keterangan. Keterangan waktu seperti sekarang dapat berubah menjadi saat ini, frasa keterangan yang lain antara lain; minggu yang lalu(frasa keterangan waktu), dengan sapu( frasa keterangan alat) , dan sebagainya.
Contoh:
1. Sumi menanam bunga dengan pisau.(dengan pisau keterangan alat)
2. Kemarin sore Pano memanjat pohon kelapa. (kemarin sore memiliki fungsi sebagai keterangan waktu)
Selamat Belajar Bahasa Indonesia Lanjut 3